oleh

HARI TERAKHIR, SUDAH EMPAT BAPASLON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SUMBAR YANG MENDAFTAR

PADEK SUMBAR. Sampai hari ketiga Minggu, 6/9/2020 (hari terakhir), pendaftaran pencalonan Kepala Daerah, terdapat 4 pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat yang telah mendaftar ke KPU Provinsi Sumatera Barat, yaitu:

  1. Mahyeldi – Audy Joynaldi, parpol pengusung PKS (10 Kursi) dan PPP (4 Kursi), jumlah 14 Kursi
  2. Narsul Abit – Indra Catri, parpol pengusung Partai Gerindra (14 Kursi), jumlah 14 Kursi
  3. Fakhrizal – Genius Umar, parpol pengusung Partai Golkar (8 Kursi), Partai Nasdem (3 Kursi) dan PKB (3 Kursi), jumlah 14 Kursi
  4. Mulyadi – Ali Mughni, parpol pengusung Partai Demokrat (10 Kursi) dan PAN (10 Kursi), jumlah 20 Kursi

Berdasarkan persyaratan dukungan, maka Jumlah kursi DPRD Provinsi Sumatera Barat yang di syaratkan untuk pengusulan bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur adalah sebanyak 13 Kursi atau 20 per seratus dari jumlah Kursi DPRD.

Jika dilihat dari peta perolehan kursi partai politik, sudah dapat di pastikan hanya 4 bakal pasangan calon yang bisa mendaftar sebagai bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020.

Berdasarkan tahapan pemilukada tahun 2020, maka tahap berikutnya adalah bapaslon akan dilakukan pemeriksaan kesehatan, dan KPU akan melaksanakan verifikasi administrasi syarat calon, kemudian dilakukan penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Tanggal 23 September 2020. (AP/PM1)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya