oleh

Tertinggi Provinsi Bengkulu, Terbanyak Provinsi Jawa Timur

PADEK NASIONAL – Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengatakan ada dua model penghitungan besaran kematian Covid-19, pertama dilihat dari angka kematian berdasarkan jumlah yang positif, dan kedua dihitung berdasarkan jumlah penyumbang kematian terbanyak akibat Covid-19.

Berdasarkan data angka kematian dibagi dengan jumlah positif, maka hingga 2 Agustus 2020, tercatat Bengkulu menjadi provinsi dengan tingkat kematian Covid-19 tertinggi dalam seminggu.

“dari data ini terlihat bahwa angka kematian tertinggi adalah provinsi Bengkulu, sekitar 8,09%,” kata Dewi di Media Center Satgas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Rabu (5/8/2020).

Kedua yakni, Jawa Timur dengan 7,74%. Ketiga, Jawa Tengah dengan 6,73%, Keempat, Nusa Tenggara Barat dengan 5,48%, dan kelima, Kalimantan Tengah dengan 5,12%.

“Jawa Timur bisa jadi karena jumlah positif Jawa Timur lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di atasnya. Yang ketiga adalah Jawa Tengah, yang keempat adalah Nusa Tenggara Barat dan yang terakhir adalah Kalimantan tengah. Ini update per tanggal 2 Agustus 2020,” kata Dewi.

Sebagaimana di lansir okezone.com, jika dilihat dari akumulasi kasus kematian terbanyak adalah pertama Jawa Timur.

“Jadi, kalau penyumbang tertinggi kematian dari mana sih? bisa kita lihat bersama bahwa Jawa Timur ini menempati peringkat pertama untuk penyumbang angka kematian terbanyak dengan angka total 1.719 kematian,” jelas Dewi.

Kedua terbanyak, kata Dewi adalah di DKI Jakarta; ketiga, Jawa Tengah; keempat, Sulawesi Selatan; dan kelima, Kalimantan Selatan. “Yang kedua adalah DKI Jakarta dengan angka 844, ini setengah dari jumlah kematian yang pertama (Jawa Timur). Dan yang ketiga adalah Jawa Tengah ini juga kita melihat ada tren peningkatan yang cukup tinggi di Jawa Tengah. Kemudian, Sulawesi Selatan dan yang terakhir adalah Kalimantan Selatan. Ini dari total kumulatif,” tuturnya. (PM1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya